Tony Rudyansjah, M.A., Dr.

Tony Rudyansjah, M.A., Dr.
Ketua Departemen
 

Profil

Dr. Tony Rudyansjah merupakan staf pengajar pada program sarjana dan pascasarjana Departemen Antropologi. Ia juga bertindak sebagai Ketua Departemen Antropologi dari tahun 2013 hingga sekarang. Ia adalah alumni sarjana Jurusan Antropologi UI (1983). Ia pernah mengikuti Post-Graduate Course/Training dalam Anthropology di University of Leiden (1983-1986) sebelum akhirnya mendapatkan gelar magister (M.A.) di Jurusan Antropologi UI (1986). Ia juga sempat menjadi Ph.D. Candidate dalam bidang Antropologi di University of Chicago pada tahun 1992 dan mendapatkan gelar doktor dalam bidang Antropologi di Departemen Antropologi UI pada tahun 2008.

Ia juga aktif sebagai anggota dalam Open Anthropology Cooperative dari tahun 2014 hingga saat ini, dan sebagai anggota dalam International Union of Anthropological and Ethnological Sciences dari tahun 2015 sampai sekarang.

Dr. Tony Rudyansjah memfokuskan penelitiannya dalam kajian etnografi sejarah, agama, dan kekuasaan dan memiliki situs penelitian di Pulau Bali, Buton, dan Seram.


Research Interest

Historical Anthropology, Semiotics, Mobility, Power, Religion and Globalization


Selected Publication(s)

Rudyansjah, T. 2015. Emile Durkheim: Pemikiran Utama dan Percabangannya ke Radcliffe-Brown, Fortes, Levi-Strauss, Turner, dan Holbraad. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.

Rudyansjah, T. 2012. Antropologi Agama: Wacana-wacana Mutakhir dalam Kajian Religi dan Budaya. Depok: UI Press.